Masuk Neraka Lewat Parkiran

Pada artikel sebelumnya ada beberapa contoh dosa dalam menata rumah yang kemungkinan besar muncul secara tidak sengaja. Seperti menambahkan ruang sembarangan, nutupin taman pakai paving block, sampai menumpahkan air hujan ke tetangga. Itu semua terjadi mungkin karena ketidaktahuan dan ketidakmampuan. Bukan karena sengaja mau menyusahkan orang.

Namun kalau parkir sembarangan, saya ragu jika ini muncul dari ketidaktahuan. Mana mungkin sih orang tidak sadar rumahnya tidak cukup untuk masuk mobil? Kenapa tetap beli? Sejak awal sudah niat mau parkir ngawur?

Mobil itu bukan barang murah. Kalau Anda beli dua mobil, harganya tuh udah bisa buat renovasi. Kalau sudah tahu rumah Anda tidak muat buat parkir, kenapa masih ngotot beli? Itu artinya dari awal memang sudah berniat parkir ngawur. Nah, yang begini namanya tuh sengaja. Sudah, jangan banyak ngeles dan pura-pura tidak tahu.

Jalanan itu adalah properti milik publik. Mengambil hak yang bukan miliknya tuh udah jelas dosa. Secara hukum pun ada aturan UU no.22 tahun 2009 dan PP no.34 tahun 2006. Isinya apa, silahkan cari sendiri. Bahkan kalau Anda tinggal di jabodetabek, sudah banyak peraturan daerah yang menyebutkan secara spesifik bahwa Anda memang harus punya carport dan tidak boleh parkir di jalanan. Selain dosa, Anda juga melanggar hukum.

Tidak peduli sesempit apapun rumah Anda, Anda harus parkir dalam rumah, ini wajib! Kalau tidak, ya renovasi, atau sewa tempat parkir, kalau tidak jangan beli mobil. Garasinya pun harus ada di dalam lahan rumah. Jangan ada pantat mobil keluar-keluar mengganggu trotoar. Mau lengkung atau lurus, pokoknya kalau pantat atau moncong mobil masih luber ke jalan, aturannya ya tidak boleh.





Luber dikit saja tidak boleh, apalagi kalau tumpah total ke jalan. Cara Anda berparkir mencerminkan adab dan sifat Anda. Orang yang rumahnya kecil, tapi tetap parkit di dalam rumah, adabnya jauh lebih tinggi daripada yang punya rumah besar, tapi parkir di pinggir jalan. Kalau memang tidak mau buat parkiran, ya silahkan sewa tempat yang benar dan bayar. Masa mampu beli mobil, tapi tidak mampu bikin garasi?