Seni Mengganti Lampu Rumah

Biasanya apa yang kalian lakukan ketika lampu rumah Anda putus? Apakah beli ngasal di warung karena yang penting terang? Untuk Anda yang tidak punya uang, tapi ingin rumah Anda jadi lebih indah secara intan sebenarnya bisa memanfaatkan momen ganti lampu. Cahaya adalah bagian yang paling berpengaruh bagi tampilan ruang. Dibandingkan beli furnitur atau hiasan rumah yang tidak penting, beli lampu jauh lebih murah dan pastinya terpakai.

Pernah ketularan orang yang nguap? Hal ini terjadi karena otak kita bekerja dengan persepsi. Ketika indera kita menerima rangsang, otak kita berusaha menerjemahkan seperti apa rasanya. Persepsi inilah yang mempengaruhi cara kita merespon sesuatu. Salah satunya ketularan nguap tadi.

Dalam teori tata cahaya, cara kita berpersepsi terhadap white balance bisa diatur dengan yang namanya color temperature. Otak kita mempersepsikan warna biru sebagai dingin dan warna merah sebagai hangat. Meskipun temperatur aslinya sama, tapi dengan otak kita yang berpersepsi, maka kita tetap dapat merasakan dingin dan panas.

Silahkan cari bungkus lampu, disana ada spesifikasi color temperature. Umumnya yang dijual di pasaran adalah 3000k, 4000k, 6000k. Semakin kecil angkanya, maka warna akan semakin kemerahan. Semakin besar angkanya, maka warna akan semakin kebiruan. Lampu itu bukan cuma putih dan kuning saja. Ada yang kuningnya pekat, ada yang ringan, ada yang putih kebiruan, dan macam-macam.

Jika Anda menginginkan ruangan yang hangat dan intim seperti outlet roti semacam J.Co, maka pilihlah temperatur kekuningan sekitar 3000k. Kalau Anda menginginkan suasana yang mewah seperti lampu di outlet fashion seperti H&M, ZARA, Uniqlo, lampu 4000k adalah yang paling direkomendasikan. Jika Anda butuh ruang yang serius seperti kantor, rumah sakit, bandara, maka pilihlah yang 6000k.

Membeli lampu seperti itu tidak harus ke tempat-tempat khusus kok, di warung, toko listrik, toko lampu, sudah bisa Anda temukan. Tinggal pilih jenis lampunya dan sebutkan color temperature. Kalau penjualnya tidak tahu, lihat saja di kardusnya, disana ada keterangannya.

Tentu, untuk membuat tata cahaya yang baik dan sempurna, permainan color temperature saja tidak cukup. Meski begitu, setidaknya dengan mengerti tentang color temperature Anda jadi bisa lebih paham tentang memilih warna lampu. Ketika Anda datang ke toko listrik, tidak hanya mengatakan mau beli lampu warna putih atau kuning. Anda bisa meminta persis ingin temperatur berapa.