5 Peralatan yang Wajib Ada Ketika Tinggal di Rumah Baru

Ketika Anda baru pindah tempat tinggal, ada beberapa peralatan yang menurut saya wajib Anda miliki. Kalau Anda tidak memiliki alat-alat ini, saya yakin anda tidak akan nyaman berada di rumah. Masih berhubungan dengan tulisan saya sebelumnya. Pastikan tempat yang Anda huni adalah rumah, bukan shelter.

1. Peralatan Tidur

Peralatan tidur sangat penting untuk Anda yang menghuni tempat tinggal baru. Peralatan tidur berfungsi untuk membuat tidur Anda aman dan nyaman. Carilah tempat tidur yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Lengkapi juga aksesoris yang menurut Anda penting, seperti bantal, guling, selimut, sprai, lampu tidur, dan lainnya.

2. Peralatan Masak

Meskipun ini relatif karena ada juga orang yang jarang atau bahkan tidak pernah masak di rumah. Menurut saya, ini tetap sangat penting. Anda harus punya peralatan masak minimal sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk Anda yang jarang memasak, maka sediakan saja kompor dan gas portable, penggorengan kecil, dan spatula kecil, . Untuk Anda yang memang suka memasak, maka tersedia banyak pilihan, ada kompor listrik, kompor gas, dan lain-lain. Pastikan alat lainnya juga disesuaikan dengan kebutuhan. Jangan sampai Anda menyediakan banyak peralatan yang sebenarnya tidak penting-penting amat.

3.Peralatan Makan

Orang mungkin saja jarang memasak, tapi tidak ada yang jarang makan. Karena makan adalah kebutuhan dasar bukan keinginan, sama seperti tidur. Maka sediakanlah alat makan yang juga disesuaikan dengan kebutuhan. Berapa orang yang tinggal bersama Anda? Sediakan lebih juga untuk cadangan kalau ada alat makan yang rusak. Kemudian pertimbangkan juga kalau ada tamu yang datang dan menginap. Memilih tempat makan juga jangan asal. Apakah anda mempunyai bayi? Kalau iya, sediakan juga tempat makan dan minum yang terbuat dari bahan yang tidak mudah pecah. Untuk sendok juga siapkan yang terbuat dari plastik atau silikon.

4. Lemari Baju

Lemari baju penting agar pakaian Anda tertata dengan rapih, mudah diambil, dan tidak berserakan dimana-mana. Lemari baju juga dapat digunakan untuk hal lain. Misal meletakkan surat-surat penting dan alat-alat yang jarang dipakai. Pakailah lemari baju dengan ukuran yang sesuai. Sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga, kemudian tata sesuai pakaian siapa dalam satu tempat.

5. Alat mandi

Tidur sudah, makan sudah, sekarang saatnya mandi. Sediakan alat mandi yang sesuai dengan kebutuhan dan memang disukai penghuni. Misal suami suka wangi kopi, maka belilah sabun dengan wangi kopi, begitupun kalau istri suka wangi jeruk, belilah sabun dengan wangi jeruk. Perhatikan juga kalau Anda memiliki aanak kecil, karena kebutuhannya pasti berbeda. Jangan lupa juga untuk mengganti sikat gigi anda secara berkala dan hindari penggunaan handuk bersama.