Ruang Tamu, Tamunya Ada?

Saya menemukan hal menarik ketika melihat denah-denah rumah orang luar negeri. Jadi, pada desain rumah orang luar negeri, kita akan melihat mereka jarang banget merencanakan rumah yang ada ruang tamunya. Sekalinya ada, biasanya itu punya orang penting banget yang kelasnya seperti bangsawan dan petinggi dari perusahaan bisnis kelas atas. Atau, yaa paling juga istana kenegaraan.

Di negara kita, hal ini malah terbalik. Ketika kita melihat rumah orang jaman dulu, terutama yang lokasinya berada di luar Jakarta (dimana lahan belum terbatas), saya yakin kita akan sepakat kalau orang yang memiliki ruang tamu di rumahnya itu tidak sedikit. Bagi masyarakat kita, ruang tamu sudah menjadi bagian dari streotipe tata ruang standar.

Justru di kalangan menengah dan atas (terutama di Jakarta) ruang tamu mulai hilang. Coba cari saja denah rumah dijual. Berapa banyak yang masih menyediakan ruang tamu yang benar-benar terpisah dari ruang keluarga utama. Masih ada? Menurut kalian kira-kira ini kenapa? Apakah karena budget? Lahan terbatas? Atau memang sudah bukan budaya kita lagi untuk menerima tamu?

Mungkin sebagian besar dari yang membaca tulisan ini menyadari kalau tamu itu adanya jarang banget. Dan itupun belum tentu akan kita terima di ruang tamu. Kalau misalnya, tamu tersebut adalah orang sudah sangat kita kenal, ya mungkin kita tidak mengajaknya ke ruang tamu, tapi bisa langsung ke kamar, ruang makan, atau tempat yang memang dipakai juga oleh keluarga kita sendiri. Sementara tamu yang tidak kita kenal, ada banyak dari mereka yang bahkan tidak masuk ke dalam rumah. Mereka cuma ketuk pintu, ngobrol paling lama 5 menit di teras, kemudian pergi.

Tentu saja tidak menutup kemungkinan kalau orangnya berbeda ya kebiasaannya juga berbeda. Saya yakin, pasti ada juga orang yang rutin menerima tamu dan diterimanya memang di ruang tamu. Jadi, kalau menurut kalian, dimana titik kalian merasa kalau ruang tamu tidak worth it untuk disediakan? Konteks apa kira-kira yang membuat ruang ini sebaiknya dihilangkan, daripada disediakan? Tinggalkan komen ya 🙂