Jantung Ruang

Jantung adalah organ yang sangat vital. Tanpa jantung, kita akan mati seketika. Rumah pun, sebenarnya juga sama. Ada ruang yang jadi jantung. Rumah kita akan mati kalau tidak memiliki ruang ini. Menurut Teori Gottfried Semper (1989) dalam bukunya yang berjudul The Four Elements of Architecture. Ada empat komponen dari suatu rumah.

  1. Mound (tanah, lantai, alas)

  2. Enclosure (dinding, jendela)

  3. Roof (atap)

  4. Hearth

Coba perhatikan, diantara semua poin diatas, hanya nomor empat yang berbeda sendiri. Karena itu yang paling penting. Hearth yang dimaksud dalam Teori Semper sebenarnya bukan berarti jantung. Hearth itu artinya tungku perapian. Pernah lihat kan di film jaman dulu, hampir setiap rumah ada tungku perapiannya? Waktu Semper masih hidup. Belum ada yang namanya AC seperti saat ini. Buat orang yang tinggal di negara empat musim, Perapian adalah bagian terpenting dari rumah. Dimana ada Hearth, disitu orang akan berkumpul. Disitulah  keluarga akan saling bertatap muka, bercerita, dan berinteraksi. Di ruang inilah rumah akan menjadi rumah.

Kalau kita tela’ah lebih jauh, sebenarnya teori ini sudah tidak relevan. Sekarang, orang sudah bisa pakai AC dan iklim di tiap negara juga berbeda-beda. – Lah ngapain juga kan di Indonesia pakai perapian? – Meski begitu, konsep atau cara pandang Semper tetap relevan di dunia rancang ruang. Apapun itu bangunan yang dibuat, mereka akan selalu punya ruang yang fungsinya sama seperti hearth yang dimaksud oleh Semper. Ruang itulah yang disebut sebagai jantung.

Tanpa jantung semua makhluk hidup akan mati. Entah itu rumah ataupun yang lainnya. Make sure to keep your heart to be healthy and functional!