Menyiasati Rumah Kecil Agar Tampak Luas

Art by pixabay.com
Bagaimana yaa menyihir rumah agar terlihat lebih lega meskipun dengan luas seadanya?? Meskipun rumah Anda terbilang kecil, Anda tetap bisa membuatnya nyaman dan kekinian dengan desain interior yang tepat. Berikut akan kami berikan beberapa tips yang dapat langsung Anda terapkan. Simak sampai akhir ya! 🙂

Art by pixabay.comArt by pixabay.com

1. Tentukan Layout Ruangan
Memang dalam merancang desain untuk rumah yang kecil tidak bisa dibilang mudah. Hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah menentukan layout ruangan. Maksud dari menentukan layout adalah mempertimbangkan furnitur dan aksesorinya agar penghuni nyaman dan interior rumah enak dipandang. Untuk menentukan layout ruangan, ukurlah besar ruang terlebih dahulu. Dengan begitu Anda bisa memastikan barang yang akan Anda beli. Cocok dan muat tidaknya barang tersebut dalam ruangan Anda. Selanjutnya tentukanlah point of interest. Aturlah peletakan benda agar siapapun yang berada dalam ruangan tahu apa yang ingin diperlihatkan dalam ruangan tersebut (pandangan berpusat), jangan lupa juga untuk mempertimbangan proporsinya agar tidak timpang. Dalam memilih benda yang ingin diletakkan dalam ruangan fokuslah pada benda paling dibutuhkan  terlebih dahulu. Kemudian perhatikanlah jalur sirkulasi, agar rumah Anda tetap terasa nyaman. Terakhir dalam menentukan layout ruangan adalah memisahkan berbagai kegiatan.
2. Gunakan Sistem Vertikal
Untuk mensiasati rumah yang kecil agar terlihat lebih luas adalah menggunakan langit-langit yang tinggi seperti rumah mezzanine atau bisa dibuat 2 lantai untuk memenuhi semua kebutuhan aktivitas Anda.


Art by pixabay.com

3. Pakailah Furnitur yang Sesuai
Penggunaan furnitur yang sesuai merupakan hal yang penting. Pasalnya jangan sampai Anda membeli barang yang bahkan tidak dapat masuk melalui pintu rumah Anda. Selain ukuran, Anda juga perlu mempertimbangkan bentuk dan warna. Gunakanlah furnitur dengan warna yang selaras dengan konsep ruangan agar tetap menjaga proporsi ruangan. Bentuk furnitur juga disesuaikan berdasarkan ukuran ruangan. Misal, gunakanlah meja dengan bentuk bundar. Karena tidak ada sudut, maka akan memanipulasi seolah ruangan tampak lebih luas dan menghindari tabrakan saat meja digunakan bersama.

4. Jadwalkan Decluttering
Untuk menjaga agar rumah tetap nyaman dihuni, jadwalkanlah membersihkan rumah dengan teknik decluttering setiap beberapa bulan sekali. Decluttering adalah upaya yang dilakukan untuk memilih dan menyingkirkan semua barang yang sudah tidak diperlukan lagi. Barang tersebut nantinya dapat dibuang atau jika memungkinkan disumbangkan kepada yang lebih membutuhkan. Misal, Anda mempunyai 50 baju, tapi yang paling sering Anda pakai hanya 20. Maka sisanya dapat Anda sumbangkan agar lemari Anda terlihat lebih rapih dan luas.