Bukan Sulap Bukan Sihir, 8 Tanaman Ini Dapat Tumbuh Tanpa Sinar Matahari

Belakangan ini, banyak masyarakat yang menggandrungi hobi bercocok tanam dan memelihara tanaman hias. Apakah Anda salah satu dari bagian yang baru memulai hobi ini? Jika ya, Anda pasti memiliki berbagai pertanyaan dan pertimbangan dalam memelihara tanaman. Terutama bagi Anda yang ingin memelihara tanaman Indoor.
Meskipun sinar matahari merupakan hal yang penting bagi tanaman. Karena tanaman membutuhkannya untuk melakukan fotosintesis, tapi ada beberapa  tanaman hias yang dapat hidup tanpa sinar matahari lhoo! Yuk simak apa saja tanaman tersebut.
 
1. Sansevieria
Sansevieria atau yang sering juga disebut sebagai tanaman lidah mertua ini memiliki fisik daun yang panjang tegak lurus keatas dan ramping, berwarna dasar hijau muda dengan corak hijau tua dan warna kuning pada sekeliling sisinya.

Tanaman Lidah Mertua / Beritakinico

Tanaman ini punya ketahanan yang sangat tinggi terhadap lingkungan. Tidak perlu disimpan ditempat yang terkena cahaya matahari secara langsung. Letakkan saja pada area yang teduh dan siram satu sampai dua kali seminggu. Tanaman ini juga mudah beradaptasi dengan berbagai suhu dan kelembapan, termasuk ruangan ber-AC.
 
2. Karet Kebo
Tanaman ini belakangan cukup popular. Memiliki bentuk yang unik dan mudah dirawat. Sebenarnya ukurannya bisa menjulang hingga puluhan meter, tapi jika dijadikan tanaman hias dirumah, Anda hanya perlu memangkas tanaman ini secara berkala.

Karet Kebo

Tanaman ini menyukai cahaya yang cenderung redup dan jauh dari paparan sinar matahari langsung karena daunnya akan mudah layu jika disimpan terlalu lama di bawah sinar matahari. Anda juga tidak perlu menyiram tanaman ini terlalu sering, cukup dua hingga tiga hari sekali saja.
 
3. Lidah Buaya
Lidah Buaya atau biasa disebut Aloe vera ini memang terkenal akan khasiat daging tanamannya. Selain itu, bentuknya juga unik dengan batang memanjang dan bergerigi membuat tanaman ini sangat khas dan mudah dikenali.

Lidah  Buaya / Aloe Vera

Namun, masih jarang yang mengetahui bahwa tanaman ini juga memiliki manfaat sebagai pembersih udara dari formalin dan kandungan kimia lainnya. Sehingga tanaman ini sangat cocok untuk disimpan di dalam ruangan sebagai air purifier alami. Perawatannya pun tidak sulit, Anda hanya perlu menyimpannya di tempat yang cukup lembab dengan frekuensi penyiraman minimal satu minggu sekali.
 
4. Sirih Gading
Tanaman hias yang satu ini masih menjadi favorit bagi para penggemar tanaman hias karena bentuk daunnya yang unik, melebar seperti bentuk hati dengan batang yang merambat. Selain itu tanaman ini memiliki kemampuan adaptasi lingkungan yang sangat kuat.

Sirih Gading

Tanaman ini dapat tumbuh walaupun Anda memotong batangnya dan menyimpannya di media tanam atau pot air, dengan metode tersebut sirih gading akan tumbuh dengan mudah. Selain itu, tanaman hias yang satu ini juga tidak manja dengan cahaya matahari. Ia dapat tumbuh di area yang tak terpapar sinar matahari sekalipun.
 
5. Spider Plant
Dinamakan demikian karena tanaman ini memiliki daun yang rimbun dan merunduk sehingga terlihat melengkung seperti kaki laba-laba. Tanaman ini memiliki daya tumbuh yang cepat dan dapat menyerap racun dalam ruangan. Tanaman ini biasa diletakkan pada area kamar mandi.

Spider Plant / Crocus

 
6. Peace Lily
Peace Lily atau Lili Perdamaian merupakan tanaman hias dengan daun berwarna hijau yang memiliki garis yang khas dan  bunga yang mekar berwarna putih. Salah satu manfaat tumbuhan ini adalah mampu menjadi anti-polutan. Cara merawat Peace Lily juga mudah. Bisa disimpan ditempat yang tidak terpapar matahari secara langsung dan siramlah dua hari sekali dengan air secukupnya. Jangan terlalu banyak atau lembab, karena dapat menjadikan tanaman ini membusuk. Jika Anda memiliki anjing atau kucing dirumah, pastikan tumbuhan ini tidak termakan. Karena akan berbahaya bagi peliharaan Anda.

Peace Lily

 

7. Cocor Bebek
Tanaman cocor bebek mempunyai tampilan yang indah dengan bunganya yang bewarna merah muda ketika mekar. Selain itu, cocor bebek juga mempunyai banyak manfaat lain, salah satunya adalah melegakan pernapasan. Perawatannya pun juga mudah, hanya perlu disiram secara berkala menggunakan semprotan sebanyak dua hingga tiga hari sekali.

Cocor Bebek

 
8. Asparagus Fern
Tanaman ini memiliki bentuk daun yang sangat kecil dan bercabang-cabang membuat tanaman ini menarik dilihat dan cocok dijadikan tanaman hias di dalam rumah. Tapi sebelum Anda memutuskan untuk memelihara tanaman ini, Anda perlu memperhatikan ruang tumbuhnya. Tanaman ini membutuhkan ruang atau media tanam yang berukuran sedang, karena pertumbuhannya yang relative cepat.

Asparagus Fern